Sekilas Pandang Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Publik

Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Publik (PSEKP) Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, berdiri pada tanggal 23 September 1988  bernama Pusat Antar Universitas Studi Ekonomi (PAU SE). Kemudian pada 3 Juli 2003 berganti nama menjadi Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Publik (PSEKP).

Kegiatan utama PSEKP UGM adalah 1.Penelitian, 2. Pelatihan, 3. Konsultasi,  4. Pengembangan staf pengajar di lingkungan UGM. PSEKP UGM telah dan terus menjalin hubungan dan kerjasama dengan berbagai pihak seperti lembaga-lembaga internasional, instansi pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah, perguruan tinggi dalam dan luar negeri, perusahaan BUMN dan swasta, lembaga-lembaga swadaya masyarakat dan lain-lain.

PSEKP UGM terus berkembang sebagai salah satu pusat penelitian dari universitas terkemuka di Indonesia yang menghasilkan produk-produk penelitian dan pelatihan yang berkualitas tinggi. Subyek penelitian di PSEKP dapat dikategotikan menjadi dua tipe, yaitu penelitian ekonomi dasar (basic economic research) dan penelitian yang berorientasi kebijakan atau terapan (policy research atau applied research).

Kegiatan penelitian dan pelatihan di PSEKP UGM didukung oleh sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dibidangnya masing-masing. Peneliti, Staf pengajar, dan asisten ahli dari berbagai disiplin ilmu di lingkungan Universitas Gadjah Mada ikut terlibat dalam mengembangan pusat studi ini.

Website: www.psekp.ugm.ac.id    Email: psekp.ugm@ugm.ac.id